Journal on Education
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Education: Volume 7 Nomor 1 Tahun 2024

Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi di Sekolah

Irfan Febriyana (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)
Mas’amah Mas’amah (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)
Jaja Jaja (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi kebijakan bahasa dalam meningkatkan literasi di sekolah, dengan fokus pada implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 1 Babakan. Melalui metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menganalisis fenomena di lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GLS berhasil meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa melalui kegiatan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai dan pengadaan pojok literasi. Keberhasilan program ini didukung oleh partisipasi aktif dari guru, orang tua, dan siswa, meskipun masih menghadapi beberapa hambatan seperti keterbatasan koleksi buku dan keterlambatan siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan dukungan dan strategi inovatif untuk mengoptimalkan pelaksanaan program literasi di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...