Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan asesmen formatif berbantuan Quizizz dan menganalisis pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Pedurungan Kidul 02. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif deskriptif. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan kelas IV A sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mendiskripsikan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Quizizz sebagai alat asesmen formatif memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari sebagian besar siswa kelas IV A menunjukan motivasi baik hingga sangat baik, dimana sebanyak 8 siswa berada dalam kategori motivasi belajar sangat baik, 17 siswa berada dalam kategori baik dan 3 siswa lainnya berada dalam kategori yang cukup baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024