PENG: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Vol. 2 No. 1 (2025): Januari: Economics and business economics in Humanity

Pengaruh Karakteristik Konsumen Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Honda PCX Di Kota Bima

Ibadatur Rahman (Unknown)
Ismunandar (Unknown)
Ovriyadin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Karakteristik Konsumen dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “HONDA PCX” di Kota Bima Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota Bima pengguna motor honda type Honda PCX. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggambil instrument penelitian berupa kuesioner skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli motor PCX di Kota Bima yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya (Unknown Population). Dikarenakan populasinya tidak diketahui secara pasti maka sampel penelitian sebanyak 96 orang dengan teknik penentuan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi pustaka. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f.  Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat prngaruh karakteristik konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor honda PXC di Kota Bima. Sementara itu, motivasi konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor honda PCX di Kota Bima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

peng

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Mengusung moto "Sinergi Pengetahuan untuk Kemajuan Ekonomi" adalah jurnal peer-review yang fokus di bidang Ekonomi Murni, Kependidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan, Akuntansi, Ekonomi Islam dan bidang lainnya yang relevan dengan ekonomi yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal ...