Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)

Peran Mediasi Tourist Satisfaction of Memorable Tourism Experience Dan Citra Destinasi Revisit Intention Wisatawan Pantai Sebalang Lampung Selatan

Junice Esti Pratiwi (Unknown)
Fatih Fuadi (Unknown)
Vicky F Sanjaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Dalam industri pariwisata Memorable Tourism Experience dan citra destinasi adalah faktor penting dalam menentukan niat wisatawan untuk kembali ke suatu destinasi (Revisit Intention). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Tourist Satisfaction sebagai mediator dalam hubungan antara Memorable Tourism Experience dan citra destinasi terhadap Revisit Intention. Metode yang digunakan metode kuantitatif dan analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM – PLS) dengan sampel 97 responden. Hasil penelitian ini memperoleh Memorable Tourism Experience, Citra Destinasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention. Variabel Memorable Tourism Experience dan Citra Destinasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tourist Satisfaction. Variabel Tourist Satisfcation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention. Variabel Tourist Satisfaction memediasi pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Revisit Intention dengan model Full Mediation atau memediasi secara penuh. Dan variabel Tourist Satisfaction memediasi pengaruh Citra Destinasi terhadap Revisit Intention dengan model Full Mediation atau memediasi secara penuh. Dalam perspektif bisnis Islam, Memorable Tourism Experience, Citra Destinasi, Tourist Satisfaction, dan Revisit Intention harus sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S Ali Imran ayat 104, Q.S Al-Baqarah ayat 195, Q.S Ali’Imran ayat 159, dan Q.S Taha ayat 132.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurbisman

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal ...