Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening

Inggrid Kusuma Dewi (Unknown)
Kartawan (Unknown)
Apip Supriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Studi dilakukan pada member pelanggan Yomart Tasikmalaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah ukuran sampel sebanyak 230 sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dengan skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; 2) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 4) Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci : Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurbisman

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal ...