Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
Vol. 2 No. 3 (2024): P3JI - AGUSTUS

PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 095557 SINAKSAK

Vivina Apriliana Br. Siagian (Unknown)
Osco Parmonangan Sijabat (Unknown)
Janwar Tambunan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD NEGERI 095557 SINAKSK T.A 2022/2023”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 095557 SINAKSAK sebagai kelas ekperimen sebanyak 20 siswa. Instrument yang digunakan adalah pre-test dan post-test berupa soal pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan tutor sebaya terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SD Negeri 095557 Sinaksak T.A 2023/2024. Berdasarkan analisis data nilai pre-test dan post-test menunjukan bahwa nilai 53,25 dan 81,75. pada Uji - t mendapatkan thitung sebesar 14.089 dengan tingkat signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dan thitung > ttabel (14,089> 2,093) maka Ho ditolak dan Ha Diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa IPA kelas IV SD Negeri 095557 Sinaksak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

p3ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Materials Science & Nanotechnology Social Sciences Other

Description

Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi ...