Introduction/Main Objectives: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Strategic Supplier Partnership, Customer Relationship dan Information Sharing terhadap Keunggulan Bersaing Produsen Buah Sawit di Provinsi Lampung. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi wawasan pengetahuan terhadap kegiatan usaha di bidang agroindustri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi (R2). Kemudian tahap analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi software IBM SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik Supply Chain Management (SCM) terdiri dari 3 dimensi yaitu kemitraan pemasok strategis (strategic supplier partnership), hubungan pelanggan (customer relationship), dan berbagi informasi (information sharing) secara bersamaan atau bersama-sama. sama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Saran peneliti bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar pengambilan sampelnya dapat diperluas dan variabel independen yang digunakan juga dapat lebih diperdalam lagi sehingga dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang kemungkinan mempengaruhi keunggulan bersaing. Keywords: Produsen Buah Sawit, Strategic Supplier Partnership, Customer Relationship, Information Sharing, Manajemen Rantai Pasok
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024