Latar Belakang: Kemajuan era digitalisasi mengalami perubahan perilaku terutama pada perilaku keuangan. Perilaku keuangan yang terjadi di kalangan mahasiswa terkait perilaku konsumsi yang belum cermat dalam memilih kebutuhan. Salah satunya penggunaan uang saku terlalu boros, dipengaruhi lingkungan sosial seperti memilih teman sebaya yang sesuai agar menimbulkan perilaku keuangan yang baik. Tujuan Penelitian: Untuk menguji pengaruh literasi keuangan, uang saku, dan teman sebaya terhadap perilaku keuangan mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian menggunakan data kuantitatif dengan data primer melalui kuesioner. Sampel penelitian dipilih pada mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta sejumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling pada mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa Literasi Keuangan (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Perilaku Keuangan (Y), sedangkan Uang Saku (X2) dan Teman Sebaya (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Keuangan (Y). Literasi Keuangan (X1), Uang Saku (X2), dan Teman Sebaya (X3) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Perilaku Keuangan (Y). Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa literasi keuangan (X1) berpengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap perilaku keuangan (Y), uang saku X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan (Y), teman sebaya (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan (Y), sedangkan literasi keuangan (X1), uang saku (X2) dan teman sebaya (X3) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap perilaku keuangan (Y).
Copyrights © 2024