Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Pengembangan Media Pop Up Book IPA Materi Sistem Pencernaan Kelas V Sekolah Dasar

Agelia Intan Sukma (Universitas Islam Riau)
Dea Mustika (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini tujuannya agar memahami karakteristik pengembangan media pembelajaran IPA pop up book materi sistem pencernaan pada manusia kelas V dan kelayakan media pembelajaran IPA pop up book berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, serta respon siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pada penelitian pengembangan memakai pendekatan kuantitatif serta kualitatif. Jenis penelitian akan digunakan yakni penelitian pengembangan model ADDIE dimana terdiri akan tahap Analyis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) serta Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yakni angket dimana mempunyai skala pengukuran agar memahami penilaian ahli materi, ahli media, serta ahli bahasa pada media pembelajaran pop-up book. Melalaui evaluasi ahli bahasa, profesional media, dan spesialis materi, hasil penelitian pembuatan materi pembelajaran ilmiah pop-up book memiliki skor rata-rata 94,3% dan tergolong Sangat Valid. Berdasarkan hasil penelitian ini, menyatakan jika “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Sistem Pencernaan Kelas V SD Negeri 15 Sawit Permai Kabupaten Siak yang dikembangkan sudah memenuhi standar kelayakan serta bisa menjadi media pembelajaran IPA di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...