Abstrak Kecerdasan sosial siswa pada pembelajaran IPS yang menjadi pembahasan utama pada penelitian ini. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya siswa yang kurang percaya diri ketika diminta untuk tampil didepan kelas dan masih banyaknya siswa yang belum mampu bekerjasama dengan baik ketika diskusi kelompok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap kecerdasan sosial siswa. Penelitian ini dilakukan pada salah satu sekolah dasar islam terpadu di Deli Serdang, dengan subjek siswa kelas lima. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi-Eksperimental. Hasil dari paired samples test nilai signifikansi (Sig) (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 artinya adanya perbedaan kecerdasan sosial siswa menggunakan model pembelajaran Role Playing antara nilai pretest dan nilai posttest. Dengan demikian, terbukti bahwa model pembelajaran Role Playing memiliki pengaruh terhadap kecerdasan sosial siswa.
Copyrights © 2024