Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Moderat

Mulky Munawar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aceng Kosasih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Fakhruddin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Perilaku ekstrem dalam beragama yang kerap terjadi di lingkungan persekolahan di Indonesia mengundang perhatian para peneliti untuk melakukan kajian terhadap implementasi pembelajaran PAI di sekolah. Hal ini mengingat PAI berkedudukan sebagai salah satu variabel pembentukan karakter di Indonesia. Sekaitan dengan hal itu, sejumlah penelitian terdahulu menunjukkan belum adanya penelitian yang mampu menampilkan informasi utuh tentang implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam komponen-komponen utama pembelajaran PAI. Oleh karenanya, penelitian ini berupaya untuk memotret implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam tiga komponen pokok pembelajran, yakni meliputi komponen materi, metode dan media, serta evaluasi pembelajaran. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi yang digali dengan teknik studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Penelitian ini menemukan tiga hal esensial. Pertama, nilai-nilai moderasi beragama dalam komponen pembelajaran PAI di jenjang SMP sebagian besar telah terimplementasikan, namun sebarannya belum merata. Kedua, penggunaan metode dan media pembelajaran dalam bahan ajar berupa buku panduan guru PAI di jenjang SMP sifatnya hanya sebagai opsi dan alternatif yang dapat diimplementasikan oleh guru PAI dalam kegiatan pembelajaran PAI di sekolah. Ketiga, nilai-nilai moderasi beragama dapat diukur implementasinya melalui berbagai instrumen yang telah tersedia dalam buku panduan guru PAI serta buku teks siswa mata pelajaran PAI jenjang SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...