Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Implementasi Modifikasi Kurikulum dalam Menguatkan Literasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Ashari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Siti Nurfaida (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Bambang Sumardjoko (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Endang Fauziati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Kemampuan literasi sangat penting di tengah perkembangan zaman yang semakin beragam tantangannya. Literasi tidak sekedar pada baca tulis saja tetapi memiliki cabang yang luas seperti literasi digital, literasi numerasi, literasi sains dan lain sebagainya. Namun dalam ragam data survei internasional seperti yang dilakukan PISA diketahui kemampuan literasi pelajar di Indonesia masih rendah. Untuk itu pendidikan melalui kurikulumnya perlu berfokus pada penguatan literasi tersebut. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana implementasi modifikasi kurikulum berbasis literasi di SMPN 1 BUAY MADANG TIMUR dengan harapan dapat menjadi referensi dalam hal penguatan kemampuan literasi di sekolah. Data diperoleh dari wawancara, observasi maupun dokumen. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu modifikasi kurikulum di SMPN 1 BUAY MADANG TIMUR beracuan pada modifikasi kurikulum berbasis literasi. Wujud dari modifikasi tersebut termuat dari adanya modifikasi tujuan, modifikasi isi dan proses serta aspek evaluasi. Wujud modifikasi tujuan yaitu dengan adanya data bahwa dalam Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) mendukung sekali program-program literasi di sekolah. Selanjutnya dalam modifikasi isi dan proses diketahui terdapat ragam kegiatan program atau kegiatan yang menunjang penguatan literasi sekolah seperti adanya pembiasan literasi baca tulis, ekstrakurikuler jurnalistik, kegiatan perlombaan puisi, hingga workshop untuk guru dalam pembekalan pembuatan RPP/Modul Ajar yang berdasarkan keterampilan abad 21. Kemudian dalam aspek modifikasi evaluasi dapat terlihat secara lebih khusus dalam melaksanakan penilaian materi pembelajaran. Guru melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran di kelas dengan ragam model tesnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...