Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Penerapan Teknik SQ3R pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi

Salam (Universitas Negeri Gorontalo)
Wa Ode Irawati (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik membaca SQ3R dalam menceritakan kembali isi teks narasi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tabel atau catatan hasil penerapan teknik membaca SQ3R dan ungkapan ulang isi teks. Sumber data penelitian adalah mahasiswa semester II kelas A dan B Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berjumlah 53 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah simak-catat, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 34 responden mengikuti seluruh tahapan SQ3R, 18 responden tidak menerapkan tahapan Review, dan 1 responden tidak menerapkan semua tahapan SQ3R. Hasil menceritakan kembali isi teks narasi menunjukkan tiga kategori nilai, yaitu 8 responden memiliki nilai sangat baik, 26 responden memiliki nilai baik, dan 19 responden memiliki nilai cukup. Penerapan teknik SQ3R efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menceritakan kembali isi teks narasi, karena teknik ini tidak hanya meningkatkan pemahaman tetapi juga memori dan kemampuan berpikir kritis yang penting dalam proses narasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...