Gunung Djati Conference Series
Vol. 43 (2024): The 7th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education

Analisis Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa Kelas XI SMA Materi Fungsi Komposisi

Arini Nurfazri (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Elsa Komala (Universitas Suryakancana)
Asma Shofa Nadia M (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Hamdan Sugilar (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Indikator kemampuan eksplorasi matematis dapat mencakup berbagai faktor yang mencerminkan kemampuan siswa dalam mengeskplorasi konsep matematika secara kreatif dan kritis. Seperti yang disebutkan Polya, metode eksplorasi melibatkan 5 tahap penyelesaian masalah, yaitu : memahami masalah, memeriksa pola yang ditemukan, melaksanakan pencarian dengan cara informal, menelaah upaya dalam penyelesaian masalah, dan melakukan simbolisasi dan generalisasi. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui kemampuan eksplorasi matematis siswa kelas XI salah satu SMA di Bogor pada materi fungsi komposisi. Metode penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Tujuh siswa kelas XI dipilih sebagai subjek penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan sebagian siswa masih melakukan kekeliruan pada pertanyaan yang diajukan di materi fungsi komposisi. Dari data yang diperoleh indikator 1, 2 dan 4 termasuk dalam kriteria sangat rendah serta indikator 3 dan 5 termasuk kedalam kriteria rendah dalam melakukan kesalahan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memudahkan peneliti lain untuk menganalisis kemampuan siswa di bidang lain untuk mengidentifikasi dan meningkatkan kemampuan siswa tersebut.

Copyrights © 2024