Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh capital intensity terhadap agresivitas pajak dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan perusahaan-perusahaan pada sektor industri barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2018 hingga tahun 2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 14 perusahaan sektor industri barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018 hingga tahun 2022 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan dari setiap perusahaan yang telah dijadikan dalam penelitian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Capital Intensity (X) sebagai variabel bebas, Ukuran Perusahaan (Z) sebagai variabel moderasi dan Agresivitas Pajak (Y) sebagai variabel terikat. Metode regresi data panel digunakan sebagai metode penelitian pada penelitian ini. Analisa hasil penelitian menggunakan bantuan perangkat lunak Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil model yang terbaik adalah Random Effect Model (REM). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Capital Intensity berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak dan Ukuran Perusahaan mampu memperkuat atau memoderasi hubungan Capital Intensity terhadap Agresivitas Pajak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024