Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Perencanaan Kebijakan
Vol. 2 No. 1 (2024): September

Eksplorasi Kultur Sekolah dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Akuntansi pada salah satu SMK di Karanganyar

Anggraeni, Meli (Unknown)
Susanti, Asri Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk (1) mengeksplorasi dan mendeskripsikan kultur sekolah pada salah satu SMK di Karanganyar, (2) menganalisis penerapan kultur sekolah oleh siswa pada SMK di Karanganyar, (3) menganalisis peran kultur sekolah dalam mewujudkan kemandirian belajar siswa pada SMK di Karanganyar. Penelitian ini menerapkan pendekatan studi kasus dengan teknik observasi dan wawancara mendalam pada 12 siswa akuntansi kelas X dan XII. Triangulasi sumber dan metode sebagai uji validitas dan analisis data interaktif. Hasil menunjukkan kultur sekolah mencakup aspek verbal dan materiil. Aspek verbal seperti narasi, struktur organisasi, ritual dan upacara sudah baik, namun pemahaman visi-misi, implementasi kurikulum, komunikasi siswa-guru, dan layanan psikososial perlu ditingkatkan. Aspek materiil menunjukkan aturan seragam optimal, tetapi fasilitas pembelajaran dan penggunaan artefak perlu ditingkatkan. Kedua aspek kultur ini baik kultur sekolah verbal maupun kultur materiil mempengaruhi kemandirian belajar siswa dan memerlukan perbaikan untuk mendukung secara maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jampk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Perencanaan Kebijakan (3025-9274) is a scholarly publication that focuses on the understanding, development, and application of concepts in the fields of accounting, management, and policy planning. This journal aims to provide a platform for researchers, ...