Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB)
Vol. 2 No. 1 (2024): September

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Access By KAI (Pada Daerah Istimewa Yogyakarta)

Rian Aditya (Unknown)
Rizki Wahyuning Damayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Access by KAI merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian tiket kereta api secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, promosi, dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen secara parsial maupun simultan pada aplikasi Access by KAI di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode explanatory research. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner melalui google form dengan menggunakan alat bantu pengujian SPSS 26. Jumlah responden sebanyak 150 responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, variabel promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan variabel kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan variabel kualitas pelayanan, promosi, dan kemudahan penggunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen aplikasi Access by KAI. Uji R2 menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan, promosi, dan kemudahan penggunaan berpengaruh sebesar 71,1% terhadap kepuasan konsumen pada aplikasi Access by KAI di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menunjukan variabel promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sehingga diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lainnya untuk memperkuat hasil penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) adalah Jurnal manajemen dan bisnis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Memuat artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen ...