Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) merupakan satu-satunya acuan data yang digunakan pemerintah sebagai pusat data pendidikan nasional dan terus akan berkembang dan untuk mencapai hasil maksimal yang akan dirasakan oleh operator sekolah. Dalam layanan sistem informasi Dapodik masih terdapat masalah dan keluhan oleh operator sekolah seperti sulitnya menyampaikan keluhan. Dengan itu untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakuakn pengukuran kualitas layanan Dapodik menggunakan e-servqual yang berfokus pada lima dimensi, yaitu Efisiency, Reliability, Responsivness, Fulfillment dan Contact. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan sistem informasi Dapodik dan mengetahui atribut mana yang mendapatkan prioritas utama dalam perbaikan. Sample yang digunakan dalam pengukuran kualitas layanan berjumlah 95 orang yang merupakan operator sekolah yang menggunakan layanan sistem informasi Dapodik. Hasil penelitian didapatkan melalui wawancara, studi pustaka dan membagikan kuisioner kenyataan dan harapan berdasarkan metode e-servqual kepada operator sekolah. Berdasarkan pengukuran tersebut diperoleh hasil bahwa nilai kesenjagan (gap) terendah (0.05) pada variabel F2 dan nilai paling tinggi pada variabel R4 (-0.41).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024