JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH
Vol 7, No 3 (2024): August 2024

ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISFO DAPODIK DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN DELI SERDANG MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL

Fitri Rizky Taravita (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Triase Triase (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhamad Alda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) merupakan satu-satunya acuan data yang digunakan pemerintah sebagai pusat data pendidikan nasional dan terus akan berkembang dan untuk mencapai hasil maksimal yang akan dirasakan oleh operator sekolah. Dalam layanan sistem informasi Dapodik masih terdapat masalah dan keluhan oleh operator sekolah seperti sulitnya menyampaikan keluhan. Dengan itu untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakuakn pengukuran kualitas layanan Dapodik menggunakan e-servqual yang berfokus pada lima dimensi, yaitu Efisiency, Reliability, Responsivness, Fulfillment dan Contact. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan sistem informasi Dapodik dan mengetahui atribut mana yang mendapatkan prioritas utama dalam perbaikan. Sample yang digunakan dalam pengukuran kualitas layanan berjumlah 95 orang yang merupakan operator sekolah yang menggunakan layanan sistem informasi Dapodik. Hasil penelitian didapatkan melalui wawancara, studi pustaka dan membagikan kuisioner kenyataan dan harapan berdasarkan metode e-servqual kepada operator sekolah. Berdasarkan pengukuran tersebut diperoleh hasil bahwa nilai kesenjagan (gap) terendah (0.05) pada variabel F2 dan nilai paling tinggi pada variabel R4 (-0.41).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSSR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Science and Social Research is accepts research works from academicians in their respective expertise of studies. Journal of Science and Social Research is platform to disclose the research abilities and promote quality and excellence of young researchers and experienced thoughts towards ...