JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH
Vol 7, No 3 (2024): August 2024

ANALISIS PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK SMARTPHONE MENGGUNAKAN FUZZY GAME THEORY

Sekar Ayu Irawan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fibri Rakhmawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Dedy Juliandri Panjaitan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Banyaknya bermunculan produk-produk smartphone terbaru, mengakibatkan persaingan semakin meningkat. Oleh karena itu, perusahan-perusahaan smartphone diharapkan mampu memperkirakan strategi pemasaran apa saja yang terdapat pada kompetitornya serta mampu menganalisis atribut apa saja yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat yaitu dengan menerapkan metode fuzzy game theory, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan atribut apa yang diutamakan konsumen agar mendapatkan strategi pemasaran yang optimal dari dua perusahaan smartphone Samsung dan Oppo yang diteliti menggunakan fuzzy game theory dengan mengandalkan atribut-atribut yang diutamakan konsumen. Adapun strategi pemasaran optimalnya adalah strategi harga dan tipe dengan nilai 0,037, smartphone Samsung menggunakan atribut harga untuk memaksimumkan keuntungan, sedangkan smartphone Oppo menggunakan atribut tipe untuk meminimumkan kerugiannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSSR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Science and Social Research is accepts research works from academicians in their respective expertise of studies. Journal of Science and Social Research is platform to disclose the research abilities and promote quality and excellence of young researchers and experienced thoughts towards ...