Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

PENGARUH PRODUCT INNOVATION, PRODUCT QUALITY DAN PROMOTION TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE PADA CIMORY YOGURT SQUEEZE DI SURABAYA

Cintania Aubin Shafanada (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Sonja Andarini (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2024

Abstract

Kemunculan produk minuman susu dengan berbagai merek beredar di masyarakat saat ini mengakibatkan terciptanya persaingan yang kompetitif antara perusahaan. Dalam menghadapi persaingan, perusahaan harus terus meningkatkan daya saing agar tetap mengikuti arus persaingan usaha sehingga perusahaan dituntut untuk dapat memilih strategi pemasaran yang tepat. Penelirian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh product innovation, product quality dan promotion terhadap competitive advantage pada cimory yogurt squeeze di Surabaya. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen cimory yogurt squeeze. Teknis analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t) pada program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 29. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Secara simultan variabel Product Innovation, Product Quality dan Promotion berpengaruh signifikan terhadap Competitive Advantage, Secara parsial Product Innovation berpengaruh signifikan terhadap Competitive Advantage, Secara parsial Product Quality berpengaruh signifikan terhadap Competitive Advantage, Secara parsial Promotion berpengaruh signifikan terhadap Competitive Advantag Kata Kunci: Inovasi Produk, Kualitas Produk, Promosi, Keunggulan Kompetitif.

Copyrights © 2024