Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

IMPLEMENTASI SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PANGSA PASAR PADA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI BASE CONSTRUCTION

Baiq Armellya Maharani Yuriawan (Universitas Telkom)
Astri Wulandari (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Kebanyakan perusahaan konstruksi menggunakan strategi pemasaran Wort Of Mouth ( WOM ) atau strategi komunikasi mulut ke mulut kepada orang sekitar.Perusahaan Base construction sebelumnya mengandalkan pemasaran menggunakan cara konvensional seperti Wort Of Mouth ( WOM ), akan tetapi untuk meningkatkan perluasan pangsa pasar di perlukan metode pemasaran yang efektif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi atau gabungan ketiganya (triangulasi). Penulis juga menyusun strategi pembuatan konten melalui pembuatan content plan. Hasilnya, akun instagram perusahaan mendapatkan kenaikan insight secara reach, engagement dan followers. Penulis melakukan evaluasi dengan menganalisis akun berdasarkan jangkauan akun, rentan usia audience dan lokasi audience. Hasilnya, akun instagram @baseconstruction.bali menujukan perkembangan jangkauan pada market pasarnya di media sosial yang terbukti dari adanya peningkatan jangkauan akun sebanyak 2.441. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan penulis mendapatkan insights akun Instagram @baseconstruction.bali mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Oleh karena itu perusahaan Base Construction sebaiknya selalu menjaga konsistensi pada konten yang akan dibuat dan meningkatkan inovasi baru pada ide konten serta agar performa akun akan tetap terjaga.

Copyrights © 2024