Studi ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman membaca kritis mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jenis studi ini adalah kualitiatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam studi ini mencakup observasi dan wawancara, dokumetasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih kurang mampu memahami aktivitas membaca kritis berdasarkan keterampilan membaca kritis model Facione melalui soal tes yang disajikan. Keterampilan membaca kritis model Facione terbagi atas enam keterampilan dengan setiap sub keterampilan memiliki indikator. Kemampuan mahasiswa dalam membaca kritis pada berita menunjukkan hasil yang cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 68 dengan kualifikasi cukup baik, terdapat 3 mahasiswa memperoleh nilai dengan kualifikasi baik, 23 mahasiswa mendapatkan nilai dengan kualifikasi cukup baik, dan 4 mahasiswa mendapatkan nilai dengan kualifikasi kurang baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024