Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hasil belajar siswa di mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang mendapat pengaruh dari media pembelajaran Quipper School. Dengan skema kajian Non-equivalent Control Group Design yang tergolong dalam riset Quasi Experimental Design. Kajian ini memakai siswa kelas XII OTKP sejumlah 40 siswa, yang mencakup 20 siswa XII OTKP 1 menjadi kelas kontrol dan 20 siswa XII OTKP 2 menjelma kelas eksperimen atau populasi. Pun instrumen riset terdiri atas: 1) naskah soal pra-ujian dan pasca-ujian; 2) penganalisisan hasil belajar siswa yang melingkupi uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis. Maka hasil kajian memperlihatkan bahwa hasil uji t pasca-tes kelas kontrol dan kelas eksperimen didapatkan t-hitung sebanyak 5,022 melalui nilai Sig. (2-tailed) sejumlah 0,000. Jadi, nilai t-tabel bertaraf kepercayaan 95% (α = 0,05) adalah 1,685. Merujuk hitungan itu, hasil uji t memperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 serta t-hitung (5,022) > t-tabel (1,685). Tak ayal, Ho ditolak dan Ha diterima. Demikianlah, media pembelajaran Quipper school berpengaruh kepada hasil belajar dalam mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo
Copyrights © 2024