Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa
Vol. 1 No. 3 (2024): Agustus

Pengaruh Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran OTK Humas Dan Keprotokolan Di SKMN 2 Buduran Sidoarjo

Falih, Abdillah (Unknown)
Trisnawati, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hasil belajar siswa di mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang mendapat pengaruh dari media pembelajaran Quipper School. Dengan skema kajian Non-equivalent Control Group Design yang tergolong dalam riset Quasi Experimental Design. Kajian ini memakai siswa kelas XII OTKP sejumlah 40 siswa, yang mencakup 20 siswa XII OTKP 1 menjadi kelas kontrol dan 20 siswa XII OTKP 2 menjelma kelas eksperimen atau populasi. Pun instrumen riset terdiri atas: 1) naskah soal pra-ujian dan pasca-ujian; 2) penganalisisan hasil belajar siswa yang melingkupi uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis. Maka hasil kajian memperlihatkan bahwa hasil uji t pasca-tes kelas kontrol dan kelas eksperimen didapatkan t-hitung sebanyak 5,022 melalui nilai Sig. (2-tailed) sejumlah 0,000. Jadi, nilai t-tabel bertaraf kepercayaan 95% (α = 0,05) adalah 1,685. Merujuk hitungan itu, hasil uji t memperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 serta t-hitung (5,022) > t-tabel (1,685). Tak ayal, Ho ditolak dan Ha diterima. Demikianlah, media pembelajaran Quipper school berpengaruh kepada hasil belajar dalam mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpnmb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Multidisplin Bangsa published every month (12 times a year), contains the publication of the student final assignment research, research students and lecturers in the field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, Health, Farm, Food, ...