Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pemblokiran situs game online dan media sosial menggunakan MikroTik dengan metode Layer 7 Protocol terhadap waktu belajar malam mahasiswa atau Kelompok Belajar Mahasiswa Bogani (KBMB) di Asrama Bogani Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian Ex-Post Facto atau Pengukuran sebelum dan sesudah kejadian. Sampel penelitian terdiri dari 22 mahasiswa yang tinggal di Asrama Bogani Yogyakarta. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan langkah-langkah seperti Observasi, kuesioner/angket yang di lakukan menggunakan Google Form dan Dokumentasi, selain itu topologi jaringan awal yang digunakan di Asrama Bogani merupakan topologi star dan topologi ini merupakan standar dari pemasangan ISP (indihome). Metode ini dipergunakan karena penelitian ini berusaha untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara pengaruh game online/Media sosial terhadap minat belajar mahasiswa Asrama Bogani Yogyakarta. hasil analisis terdapat perbedaan minat belajar, yaitu sebelum menerapkan pemblokiran penghuni Asrama bogani memperoleh nilai rata-rata sebesar 23,909 dan mengalami peningkatan nilai sebesar 34 setelah menerapkan pemblokiran situs game online dan media sosial pada jam belajar malam. Penerapan pemblokiran dengan layer 7 protocol pada mikrotik ini, terdapat pengaruh positif terhadap penghuni Asrama untuk mengikuti Kegiatan belajar malam di Asrama Bogani Yogyakarta.
Copyrights © 2024