Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah
Vol. 1 No. 2 (2024): CENDEKIA : Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah, Februari 2024

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X-1 MAN I Inovasi Subulussalam

Aufa, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

  Matematika penting diajarkan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Pembelajaran matematika tidak cukup diajarkan dengan mencatat dan contoh-contoh saja, akan tetapi harus diikuti dengan mengerjakan latihan-latihan tentang materi yang sudah diajarkan. Kurikulum 2013 mengamatkan untuk mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran, salah satunya pada materi matriks. Matriks merupakan salah satu materi matematika yang dirasakan sulit oleh siswa, siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan matriks. Hal ini disebabkan guru hanya memberikan contoh-contoh saja dan kurangnya menggunakan latihan-latihan dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dalam masalah ini adalah model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran PBL menekankan belajar sebagai proses yang melibatkan pemecahan masalah yaitu program yang didesain untuk membantu guru dalam hal efektivitas penggunaan masalah pada dunia nyata bagi siswa agar siswa mencapai peningkatan pemahaman konsep. Pelaksanaan model pembelajaran PBL dapat lebih maksimal dengan memanfaatkan ICT dalam pembelajaran seperti software GeoGebra, namun hingga saat ini belum tersedia ide dan cara mengajar yang mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran matematika yang dapat digunakan guru. Sedangkan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan ICT masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas tahap investigasi awal, tahap perancangan, dan tahap penilaian. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 MAN I Inovasi Subulussalam. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran Model PBL berbantuan Software GeoGebra dikatakan valid terlihat dari hasil validasi menunjukkan kreteria valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan praktis terlihat dalam rekomendasi validator bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi dan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 5 tergolong kriteria sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan efektif terlihat dari rata-rata aktivitas on task siswa baik, rata-rata aktivitas siswa juga baik, adanya peningkatan skor tes formatif, guru dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan perangkat pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model MMP berbantuan software GeoGebra yang terdiri atas materi ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health

Description

CENDEKIA : Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Economics, Health, ...