Dalam matematika memahami konsep matematis juga menjadi hal penting, sebab dengan memahami konsep akan mempermudah dalam menjawab soal matematika bahkan persoalan di kehidupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuanĀ matematis dan minat siswa pada materi oprasi aljabar berbantuan model CTL berbantuan ubin aljabar. Penelitian dilakukan di kelas VIII-5 MTSN 1 Inovasi Subulussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan subjek penelitian sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan hasil pengamatan aktifitas siswa. Dari instrumen LKS diperoleh nilai rata-rata 83,93 dengan kategori baik, dan dari hasil pengamatan aktifitas siswa dapat disimpulkan terjadinya peningkatan Pemahaman dan minat siswa pada materi operasi aljabar berbantuan model CTL berbantuan ubin aljabar, sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran materi oprasi aljabar dengan model pembelajaran CTL berbantuan ubin aljabar diperoleh skor rata-rata 3,18 maka berdasarkan kriteria pada metode analisis data dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif..
Copyrights © 2024