Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang tajwid, khususnya nun sakinah dan tanwin, di TPQ Jamiyatul Muslimin. Masalah yang diidentifikasi adalah kurangnya penerapan tajwid oleh siswa. Dengan menggunakan desain Participatory Action Research (PAR), siswa dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan tingkat kemampuan. Tes awal dan tes akhir digunakan untuk menilai efektivitas metode lagu pada tujuh siswa di Jilid 4 Al-Qur'an. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata skor tes awal naik dari 48,57% menjadi 85,71%, menunjukkan peningkatan sebesar 37,14%. Ini menunjukkan bahwa metode lagu efektif dalam memperkuat pengetahuan siswa tentang aturan tajwid. Hal ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan lagu ke dalam pelajaran tajwid dapat meningkatkan retensi dan pemahaman konsep-konsep yang kompleks. Pengabdian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi penerapan metode ini di bidang pendidikan tajwid lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024