GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 2 No 04 (2024): AGUSTUS 2024

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TAJWID SISWA MELALUI METODE BERNYANYI DI TPQ JAMIYATUL MUSLIMIN DUSUN BRINGIN DESA WONOSARI

Zuraidah (Unknown)
Wahyuna Khoiriyah (Unknown)
Dila Dwi Damayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang tajwid, khususnya nun sakinah dan tanwin, di TPQ Jamiyatul Muslimin. Masalah yang diidentifikasi adalah kurangnya penerapan tajwid oleh siswa. Dengan menggunakan desain Participatory Action Research (PAR), siswa dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan tingkat kemampuan. Tes awal dan tes akhir digunakan untuk menilai efektivitas metode lagu pada tujuh siswa di Jilid 4 Al-Qur'an. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata skor tes awal naik dari 48,57% menjadi 85,71%, menunjukkan peningkatan sebesar 37,14%. Ini menunjukkan bahwa metode lagu efektif dalam memperkuat pengetahuan siswa tentang aturan tajwid. Hal ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan lagu ke dalam pelajaran tajwid dapat meningkatkan retensi dan pemahaman konsep-konsep yang kompleks. Pengabdian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi penerapan metode ini di bidang pendidikan tajwid lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...