Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024.

PENGARUH BUDAYA LITERASI DENGAN ADANYA POJOK BACA GUNA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SDN KRATON KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI

Abriel Ladhiana Putri (Unknown)
Endang Sri Mujiwati (Unknown)
Ilmawati Fahmi Imron (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa, penguasaan menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda pada siswa kelas V SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri, lebih dari 50% siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Hal tersebut diakibatkan karena model pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi dan terfokus pada guru serta tidak ada media pendukung pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasy eksperiment dengan subjek penelitian kelas VA dan kelas VB SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen Tes (pretest dan posttest). Dari hasil perolehan pada kelas kontrol bahwa data nilai rata-rata pretest 53,6 dan hasil rata-rata posttest menjadi 77,2. Sedangkan, kelas eksperimen data nilai rata-rata pretest 33,6 dan rata- rata hasil posttest yang meningkat menjadi 89,5. Dengan demikian, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol dengan perbedaan 89,5 > 77,2.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...