Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024.

PROSES REKRUTMEN PENDIDIK MI PTQ DARUL HIKMAH MENGANTI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH YANG UNGGUL

Rohmatul Maisyaroh, Risma (Unknown)
Sukarman (Unknown)
Nur Fu’ad (Unknown)
Elyanih (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan dan menganalisis sistem perekrutan tenaga pendidik di MI PTQ Darul Hikmah Menganti, serta meningkatkan mutu pendidikan melalui proses perekrutan tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Temuan penelitian menjabarkan bahwa sistem perekrutan tenaga pendidik di MI PTQ Darul Hikmah Mengantiterdiri dari beberapa tahapan, meliputi aspek administratif, wawancara, evaluasi membaca dan menulis Al-Qur'an, serta kemampuan mengajar secara rinci. Madrasah berusaha mencari tenaga pendidik yang sesuai dengan profil dan memiliki komitmen kuat terhadap proses pengajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI PTQ Darul Hikmah Menganti. Upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melibatkan program pengembangan untuk pendidik dan kegiatan evaluasi mingguan. Hasil perekrutan pendidik berdampak pada tingkat loyalitas dan komitmen dalam mengajar. Sebelum resmi bekerja di MI PTQ Darul Hikmah Menganti, calon tenaga pendidik diwajibkan untuk membuat perjanjian kontrak kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...