Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI MATH CITY MAP PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD

Lin Alamanda (Unknown)
Melva Zainil (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan aplikasi Math City Map pada materi luas bangun datar di kelas IV SD. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil validasi ahli materi 90,7%, ahli Bahasa 90,7% dan ahli media 93%dengan kategori sangat valid. Hasil praktiikalitas respon guru disekolah ujicoba adalah 90,7% dengan kategori sangat praktis dan respon peserta didik 88,2% kategori sangat praktis. Sedangkan hasil respon guru pada sekolah penelitian pertama adalah 93% kategori sangat praktis dan peserta didik 92,6% kategori sangat praktis. Sekolah penelitian kedua mendapatkan respon guru yaitu 96% kategori sangat praktis dan peserta didik 96,52% kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas media pembelajaran menunjukan peningkatan di sekolah ujicoba dari 66,7% menjadi 89,5%. Sekolah penelitian pertama hasil uji efektivitas yakni 72,9% meningkat menjadi 92,4% dengan kategori sangat efektif. Dan di sekolah penelitian kedua hasil uji efektivitasnya juga mengalami peningkatan yakni dari 74,4% meningkat menjadi 90,2% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian media pembeljaaran berbantuan aplikasi Math City Map pada materi luas bangun datar di kelas IV SD dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...