Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

IMPLEMENTASI METODE JIBRIL PADA HAFALAN HADITS DI PONDOK PESANTREN FAJAR ISLAM

Ahmad Shiddiq (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Ellisa Fitri Tanjung (PAI, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah tingginya tingkat kebosanan yang berdampak negatif pada motivasi santri untuk terlibat aktif dalam proses hafalan serta hilangnya antusiasme dan semangat dalam mengejar prestasi hafalan hadits. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi metode Jibril dalam proses hafalan hadis di Pondok Pesantren Fajar Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuosioner, ujian tulis dan observasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data kualitatif dari observasi yang akan dianalisis secara tematik untuk mengevaluasi efektivitas implementasi metode Jibril, Reduksi dan kategorisasi data, Penampilan data, dan Penarikan Kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Jibril telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi hafalan hadis di Pondok Pesantren Fajar Islam karena metode ini mempercepat proses penghafalan, meningkatkan retensi dan membantu mereka untuk memahami konten hadis dengan lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...