Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

PERAN KEGIATAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI KEMANDIRIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT NURUL ISLAM SINGKAWANG

Fitri, Fitri (Unknown)
Suprapto, Wasis (Unknown)
Kamaruddin, Kamaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui seperti apa peran kegiatan Pramuka bagi penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Singkawang, 2) Untuk menganalisis apa saja hambatan dalam penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Singkawang, 3) Untuk mengetahui upaya meminimalisir hambatan yang terjadi dalam penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Singkawang. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Singkawang dengan Teknik pengambilan subjek purposive sampling. Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran kegiatan pramuka bagi penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V di SDIT Nurul Islam Singkawang berjalan dengan baik dimana persentase kemandirian peserta didik 60% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2) Hambatan dalam penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V di SDIT Nurul Islam Singkawang yaitu waktu yang terbatas dalam penanaman kemandirian, lingkungan sosial di sekolah dan di rumah, pola asuh orang tua, dan lingkungan teman sebaya yang tidak mendorong kemandirian, 3) Upaya meminimalisir hambatan yang terjadi dalam penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V di SDIT Nurul Islam Singkawang dilakukan dengan beberapa cara yaitu, Pertama adalah pendekatan personal. Kedua, menciptakan lingkungan yang positif. Ketiga, melakukan evaluasi. Keempat, melibatkan orang tua dalam proses pendidikan kemandirian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...