Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DALAM MEMBUAT WEBSITE DI SMKN 1 TAKALAR

Mudeing (Unknown)
Nurhidayani (Unknown)
A Majid Binfas, Maman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Belajar adalah suatu proses penting dalam pengembangan individu, guna merubah perilaku berdasarkan perolehan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman baru. Pembelajaran dalam konteks ini, merupakan interaksi individu dengan lingkungan yang dirancang untuk mendukung perubahan, termasuk pembelajaran keterampilan untuk membuat website, Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kreativitas membuat website sebagai motivasi di dalam belajar dan pembelajaran secara individu. Metodelogi digunakan dalam kajian ini, adalah metode kualitatif bersifat deskriptif. Kreativitas untuk membuat website, tentu tidak lain untuk meningkatkan motivasi belajar, di dalam, mendukung pembelajaran secara individu untuk pengembangan siswa di sekolah SMKN 1 Takalar. Jadi, Penggunaan teknologi informasi guna mengaplikasikan pengetahuan atau keterampilan mesti dipelajari dalam situasi nyata secara kreatif. Oleh karena itu, sekolah SMKN 1 Takalar telah menjadikan salah satu alternatif pelajaran membuat website untuk meningkatkan semangat belajar siswa di dalam menggali ide-ide atau informasi baru secara mandiri. Hal itu, sebagaimana dinyatakan oleh guru dan dilakukan siswa SMKN 1 Takalar, bahwa “terbukti siswa makin rajin belajar, dikarenakan mereka telah tertarik dengan pelajaran membuat website, sehingga bisa berpikir kritis dalam mendesain sesuatu yang menjadi kreatifitas bahan pelajaran.” Namun, apa dinyatakan oleh peneliti sebelumnya, di antaranya Dimayati dan Mudjiono (2002) dan Rahman, A. (2023) memang ada titik temu dengan hasil penelitian ini. Walaupun, terdapat kendala dihadapinya masing-masing siswa di sekolah yang mesti ditangani oleh pihak pengelola pendidikan, baik pemerintah pusat maupun daerah, terutama dalam hal sarana dan prasarana sekolah yang memadai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...