Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

PENGARUH MINECRAFT DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN KOLABORASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Lovandri Dwanda Putra (Unknown)
Latsmi Dwi Sutia (Unknown)
Azzahra Suci Rahmadani (Unknown)
Azzara Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Pada pembelajaran sains yang didapatkan disekolah materi dihubungkan dengan fenomena yang terjadi dalam kehidupan dan dikaitkan dengan materi hingga dapat membantu siswa dalam memahami konsep dari sains tersebut. Dari konsep sains tersebut kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dengan baik, maka dari itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang diperuntukkan dalam membantu siswa menguasai pembelajaran melalui media digital. Di era globalisasi saat ini perkembangan ilmu teknologi dan komunikasi sangatlah cepat. Kemajuan ilmu teknologi dan komunikasi memberikan dampak besar terhadap proses pendidikan. Seiring berjalannya waktu banyak terciptanya inovasi pembelajaran yang bervariatif. Adanya inovasi pembelajaran yang beragam saat ini dapat membantu pendidik dalam proses belajar mengajar untuk memberikan pemahaman kepada siswa melalui media pembelajaran yang menarik. Pada penelitian ini berupa riview melalui jurnal mengenai tujuan dari penggunaan aplikasi game Minecraft untuk mendukung pembelajaran sains. Metode yang di gunakan dalam mengkaji yaitu menggunakan literatur melalui jurnal, seperti google scholar, science direct dan sumber lainnya. Penggunaan aplikasi Minecraft merupakan suatu permainan yang dijadikan sebagai solusi dalam mendukung pembelajaran sains siswa dimana dalam permainan tersebut siswa dapat belajar sains dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...