Salah satu upaya yang dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif yaitu multimedia interaktif articulate storyline . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif mengartikulasikan alur cerita terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Grup Design . Perlakuan dikelas eksperimen (IX A) menggunakan multimedia interaktif articulate storyline dan dikelas kontrol (IX B) menggunakan Power Point . Pengumpulan data menggunakan tes berupa butir soal dan observasi aktivitas belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan Uji-t bahwa hasil belajar memiliki perbedaan yang signifikan sebesar 0,000 dan aktivitas belajar menggunakan Uji- U Mann-Whitney terdapat perbedaan yang signifikan sebesar 0,030. Berdasarkan hasil Effect Size diperoleh hasil belajar siswa sebesar 58,9% (nilai Effect Size 1,1) dan belajar aktivitas siswa sebesar 38,2% (nilai Effect Size 0,63).
Copyrights © 2024