Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar belajar siswa pada materi Peredaran Darah di SMA Negeri 1 Deli Tua. Metode penelitian menggunakan Quasi- Eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Guided, kelas X-5 dibelajarkan dengan model pembelajaran Modified Free Inquiry, dan kelas X-3 dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan Analysis Covariat dengan bantuan program SPSS, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran terhadap Pemahaman sains siswa yang dibelajarkan dengan modelguided inquiry (60,14±13,82) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan modelmodified free inquiry (55,30 ± 14,78) dan yang dibelajarkan dengan Pembelajaran Konvensional (57,19 ± 13,94). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat model pembelajaran yang signifikan guided inquiry antara peserta didik yang diajar dengan model modified free inquiry dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada taraf nyataα = 0,05.
Copyrights © 2023