Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepatuhan karyawan instalasi gizi rumah sakit X terhadap program service excellence. Metode yang digunakan adalah mix-method dengan pendekatan sequential design strategi explanatory. Sebanyak 20 karyawan instalasi gizi rumah sakit X dijadikan sebagai partisipan penelitian dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengukuran penelitian kuesioner menggunakan skala kepatuhan Blass (1999) (α = 0,929) dan item wawancara didasarkan pada aspek kepatuhan Blass (1999). Metode analisis data kuantitatif menggunakan uji analisis deskriptif dan analisis kualitatif menggunakan analisis hasil transkrip wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan karyawan instalasi gizi berada pada kategori sedang dengan persentase 65%. Hal ini menunjukkan bahwa karyawan instalasi gizi sudah mulai patuh pada peraturan walaupun belum maksimal. Implikasi dari penelitian ini adalah perlu adanya usaha untuk meningkatkan kepatuhan pada karyawan instalasi gizi terhadap program service excellence agar mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Penelitian yang akan datang, hendaknya bisa mengembangkan penelitian dengan mencari faktor yang berhubungan dengan kepatuhan seseorang terhadap suatu peraturan. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024