Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 3 (2024): Edisi September - Desember 2024

ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK KUE BROWNIES MENGGUNAKAN PERHITUNGAN NET PROMOTER SCORE BERBASIS PYTHON

Mochamad Agus Rafli (Unknown)
Rochmawati Rochmawati (Unknown)
Anak Agung Gde Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan serta loyalitas pelanggan produk kue brownies yang diluncurkan oleh Study Group Kewirausahaan. Study Group Kewirausahaan merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i dari Universitas Telkom yang berkegiatan tentang pengembangan dari masyarakat Desa Sukamanah tentang kewirausahaan penjualan produk kue. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Study Group Kewirausahaan P2MD yang bertujuan untuk menghitung tingkat kepuasan di mana hasilnya dapat dijadikan dasar pengembangan kedepannya. Pengumpulan data untuk penelitian ini melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan. Untuk mengetahui probabilitas pengguna dalam kepuasan maka dilakukan analisis pengguna dengan menggunakan metode Net Promoter Score (NPS). Selanjutnya hasil olahan data yang telah penulis dapatkan akan di tampilkan dengan menggunakan bahasa pemograman Python. Analisis deskriptif yang dijadikan opsi untuk menampilkan hasil dari tulisan ini berupa tampilan diagram maupun tabel. Sehingga dari hasil perhitungan NPS menjelaskan bahwa penilaian kepuasan serta loyalitas pelanggan terhadap produk kue brownies sangat baik berada di angka 60%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...