Bauran pemasaran adalah alat pemasaran yang pada umumnya dimiliki oleh rumah sakit guna memberi stimulus positif terhadap pembelian jasa pelayanan kesehatan. RSU Muhammadiyah Babat sebagai salah satu rumah sakit yang belum mencapai standar grafik Baber Johnson yaitu pada tahun 2021 dengan angka BOR 29,52%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pasien dalam memilih fasilitas layanan kesehatan. penelitian ini menggunakan design analitik kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian 95 pasien umum rawat jalan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di rumah sakit umum Muhammadiyah Babat. Instrumen berupa kuesioner. Variabel dependen pada penelitian ini adalah keputusan memilih rumah sakit dengan variabel independen adalah 7 faktor bauran pemasaran yaitu product, place, price, people, promotion, process, dan physical evidence. Analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian uji parsial menunjukan bauran pemasaran yang berkaitan dengan keputusan memilih yaitu bauran product, bauran physical evidence. Sedangkan yang tidak berhubungan yaitu bauran price, bauran place, bauran promotion, bauran people, bauran process. Hasil uji menunjukkan bahwa bauran pemasaran 7P secara bersamaan berpengaruh terhadap keputusan memilih pasien rawat jalan. Penilaian pasien terhadap bauran pemasaran 7P baik di RSU Muhammadiyah Babat.
Copyrights © 2024