JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling)
Vol. 7 No. 2 (2023): JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling)

Intervensi Pendekatan Chinema Therapy Dalam Meningkatkan Rasa Empati Peserta Didik Di Kelas 4 Reguler C Tmi Al-Amien Prenduan Tahun 2023

Wahyudi, Heri Fadli (Unknown)
Erfany, Muhammad Nurullah (Unknown)
Massuhartono, Massuhartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Empati adalah reaksi individu yang terdiri dari komponen kognitif dan afektif dari kemampuan untuk memahami perasaan orang lain. Empati dibangun di atas lingkup kesadaran, sehingga semakin terbuka bagi emosi kita sendiri, semakin terampil dalam memahami perasaan orang lain. Subjeknya adalah 26 peserta didik di kelas 4 Reguler C TMI Al-Amien Prenduan. Tujuan penelitian meningkatkan empati peserta didik melalui penggunaan terapi sinema. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun penelitian ini mengumpulkan data dengan tiga macam cara tehnik yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi pemberian treatment pada peserta didik yang kurang memiliki empati menggunakan film yang di dalamnya terkandung pesan moral akan pentingnya empati sebanyak empat kali pertemuan dalam meningkatkan empati peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya data observasi dan wawancara yang dinyatakan mengalami perubahan sikap peserta didik. sehingga dapat ditafsirkan bahwa penggunaan terapi sinema efektif untuk meningkatkan empati peserta didik di kelas 4 Reguler C

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jigc

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

JIGC Journal of Islamic Guidance and Counseling is a Journal of Islamic Guidance and Counseling published by the department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah State Islamic University of Jambi biannually June and December. The EISSN number of this journal is 26144492, while its ...