Empati adalah reaksi individu yang terdiri dari komponen kognitif dan afektif dari kemampuan untuk memahami perasaan orang lain. Empati dibangun di atas lingkup kesadaran, sehingga semakin terbuka bagi emosi kita sendiri, semakin terampil dalam memahami perasaan orang lain. Subjeknya adalah 26 peserta didik di kelas 4 Reguler C TMI Al-Amien Prenduan. Tujuan penelitian meningkatkan empati peserta didik melalui penggunaan terapi sinema. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun penelitian ini mengumpulkan data dengan tiga macam cara tehnik yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi pemberian treatment pada peserta didik yang kurang memiliki empati menggunakan film yang di dalamnya terkandung pesan moral akan pentingnya empati sebanyak empat kali pertemuan dalam meningkatkan empati peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya data observasi dan wawancara yang dinyatakan mengalami perubahan sikap peserta didik. sehingga dapat ditafsirkan bahwa penggunaan terapi sinema efektif untuk meningkatkan empati peserta didik di kelas 4 Reguler C
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023