SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 7, No 2.1 (2024)

Pengaruh Informasi Akuntansi Dan Overconfidance Terhadap Keputusan Investasi Saham Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening

Dewi, Florentiana Sinarce (Unknown)
Syaifuddin, Noor (Unknown)
Arifin, Andi Harmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis hubungan langsung informasi akuntansi dan overconfidence terhadap keputusan investasi saham, serta pengaruh keduanya terhadap literasi keuangan. Selain itu, penelitian ini meneliti peran literasi keuangan sebagai mediasi antara informasi akuntansi dan overconfidence terhadap keputusan investasi saham. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei untuk mengumpulkan data dari generasi milenial yang aktif di media sosial dan telah bertransaksi saham di Bursa Efek Indonesia lebih dari 3 bulan. Data dikumpulkan melalui kuesioner di Google Forms yang disebarkan via grup online di Telegram, WhatsApp, dan Instagram, menggunakan purposive sampling dengan kriteria individu bukan badan usaha, lahir antara 1980-an dan 2000-an, aktif menggunakan media sosial, dan berinvestasi saham lebih dari 3 bulan. Analisis data menggunakan Partial Least Squares (PLS) untuk menguji hubungan variabel independen dan dependen serta menjelaskan hubungan teoretis di antara keduanya. Berdasarkan analisis, informasi akuntansi meningkatkan rasionalitas keputusan investasi saham pada investor milenial. Overconfidence mempengaruhi keputusan investasi, di mana investor yang lebih rasional memiliki kepercayaan diri lebih rendah. Informasi akuntansi tidak mempengaruhi literasi keuangan, namun overconfidence berpengaruh positif terhadap literasi keuangan. Literasi keuangan meningkatkan rasionalitas keputusan investasi, dan overconfidence memengaruhi keputusan investasi secara tidak langsung melalui literasi keuangan, tetapi literasi keuangan tidak memediasi pengaruh informasi akuntansi terhadap keputusan investasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...