Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (7P) terhadap keputusan penggunaan layanan jasa ekspedisi J&T Cargo Grogol. Riset ini menggunakan rancangan kuantitatif asosiatif kausal. Data yang digunakan dalam riset kali ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada pelanggan yang menggunakan jasa ekspedisi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria minimal 2 kali telah melakukan transaksi dan jumlah sampel ditentukan mengacu pada teori Roscoe, sehingga diperoleh sampel sebanyak 80 responden. Uji validitas dan reliabilitas membuktikan instrumen yang digunakan telah valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan dalam riset ini adalah uji regresi linier berganda. HasilĀ riset kali ini menunjukkan bahwa variabel harga, produk, transportasi, lokasi, proses, orang dan bukti fisik secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan layanan jasa ekspedisi J&T Cargo Grogol. Marketing mix hanya berpengaruh sebesar 36,6% terhadap keputusan penggunaan, riset selanjutnya perlu mendalami hal ini.
Copyrights © 2024