Tingkat kepuasan pelanggan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan oleh pihak pengelola usaha. Terjadinya keseimbangan antara tingkat kedatangan dan tingkat pelayanan , yang ditunjang oleh fasilitas pemberi layanan atau kasir yang memadai atau memenuhi kondisi steady state, merupakan harapan setiap pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama untuk mendapatkan jumlah server atau fasilitas pemberi layanan (kasir) yang optimal berdasarkan model antrian Multi Chanel Single Phase (M/M/c), yang dapat diterapkan di Tumaka Mart Kota Kendari. Pola kedatangan pelanggan di Tumaka Mart Kota Kendari mengikuti distribusi Poisson, sedangkan data waktu pelayanan pelanggan di Tumaka Mart Kota Kendari mengikuti distribusi Ekspoinensial. Model antrian M/M/4, M/M/3 dan M/M/2 direkomendasikan untuk dapat diterapkan di Tumaka Mart Kota Kendari pada waktu siang hari (pukul: 13.00-15.00). Selanjutnya, model antrian M/M/4 dan M/M/3 direkomendasikan untuk dapat diterapkan di Tumaka Mart Kota Kendari pada malam hari (pukul: 18.00-20.00).
Copyrights © 2024