Tujuan dari penelitian ini adalah Mengeksplorasi metode pembelajaran yang digunakan di pesantren tradisional sebagai model pembelajaran yang efektif dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip hukum Islam, Menganalisis peran pendidikan dalam membentuk karakter dan nilai-nilai keislaman peserta didik pesantren, serta implikasinya terhadap pembentukan identitas muslim yang berakhlak mulia. Menilai relevansi dan adaptabilitas metode pembelajaran fiqih pesantren dalam menghadapi perubahan sosial, teknologi, dan budaya dalam konteks pendidikan Islam kontemporer. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan analisis observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil ini, terungkap bahwa pondok pesantren memiilki kelebihan tersendiri di dalam membina siswa terkait dengan pendidikan berbasis karakter. Pendidikan dipondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan umum dengan pendidikan religius. Hal itu siswa memperoleh pendidikan berbasis agama yang berorientasi pada penguatan karakter. Pentingnya pendidikan karakter alam pondok pesantren, karena pada sekolah umum siswa tidak memperoleh pendidikan religius secara mendalam. Sehingga pondok pesantren sangat representatif untuk membina siswa yang berbasis karakter religius. Sistem pendidikan pondok pesantren merupakan pendidikan yang unik, unik karena siswa dituntut untuk menjadi pribadi yang sempurna, belajar dan praktek bahkan praktek yang tidak pernah diajarkan teorinya, dengan pembiasaan-pembiasan kehidupan sosial di masyarakat dan belajar memimpin pribadi dan lingkungan. Karakter yang di kembangkan di pondok ini adalah akhlak yang mulia bertaqwa kepada Allah, kepemimpinan, kejujuran dan diterjemahkan dalam beberapa keaktifan di berbagai bidang pengembangan minat dan bakat, dan peningkatan keterampilan seperti santri aktif mengadakan kegiatan yang tentunya kegiatan itu harus terpadu dengan lingkungan pesantren, banyak di antara santri yang mengembangkan bakatnya.
Copyrights © 2023