Tujuan analisis ini untuk mengidentifikasi hubungan etnomatematika yang terdapat pada budaya kearifan lokal khas Sumatera Utara. Metode penelitian yang diterapkan adalah studi tinjauan literatur, yang bertujuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis informasi dari artikel-artikel yang relevan. Proses ini melibatkan identifikasi celah penelitian dan pengembangan kerangka teori yang dapat mendukung penelitian lebih lanjut di bidang ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa bentuk-bentuk geometri yang ditemukan dalam rumah adat, alat musik tradisional, dan makanan tradisional khas Sumatera Utara mencerminkan pengetahuan matematis yang telah ada dalam masyarakat lokal. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi etnomatematika dalam pendidikan matematika untuk meningkatkan relevansi materi ajar bagi siswa, serta menghargai kekayaan budaya yang ada di sekitar mereka. Dengan demikian, selain berfungsi sebagai alat untuk memahami matematika, etnomatematika juga sebagai medium untuk melestarikan dan menghargai warisan budaya.
Copyrights © 2024