Kuliah Kerja Nyata (KKN) muncul dari konsep atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya menyumbangkan pengetahuan dan ilmu yang telah diperolehnya secara langsung dalam membantu para warga sekitar yang memiliki usaha kecil menengah untuk menentukan lokasi di Google Maps agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas. UMKM merupakan salah satu kekuatan ekonomi baik di berbagai negara maupun Indonesia. Namun, berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh UMKM salah satunya yaitu pemasaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini agar UMKM di desa Tugu Utara dapat berkembang melalui pemasaran online. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam pelatihan pembuatan Google Maps dan Pemasaran Online, yaitu: kesatu, Observasi ke Pemerintah Desa terkait data jumlah UMKM di Desa Tugu Utara, Kolaborasi dengan mitra (ketua dan kelompok UMKM). Ketiga, Pelatihan pembuatan google maps dan pemasaran online. Keempat, Evaluasi. Hasil dari pelaksanaan ini adalah: Kesatu, Lokasi UMKM terdeteksi google maps. Kedua, pelaku UMKM memiliki akun market place dan media sosial. Ketiga, Meningkatnya omset penjualan.
Copyrights © 2024