Penelitian ini menyelidiki hubungan antara kecerdasan emosional dan perilaku prososial di kalangan siswa di SMA Negeri 1 Taman. Dengan menggunakan pendekatan korelasi kuantitatif, data dikumpulkan dari sampel sebanyak 290 siswa dengan menggunakan skala psikologi. Analisis yang dilakukan melalui Product Moment Pearson menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan perilaku prososial. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kecerdasan emosional berkorelasi dengan peningkatan perilaku prososial, sementara penurunan kecerdasan emosional berkorelasi dengan penurunan perilaku prososial. Baik kecerdasan emosional maupun perilaku prososial ditemukan tinggi di kalangan siswa SMA Negeri 1 Taman. Penelitian ini membahas kesenjangan dalam memahami hubungan antara kecerdasan emosional dan perilaku prososial di kalangan siswa sekolah menengah atas, memberikan implikasi untuk strategi pendidikan yang bertujuan untuk mendorong perkembangan sosial yang positif.
Copyrights © 2024