Penelitian ini menyelidiki hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif remaja di sebuah kedai kopi di Jalan Kavling DPR Sidoarjo. Dengan populasi sebanyak 1.000 remaja yang berkunjung ke warung kopi tersebut, sampel sebanyak 100 remaja dipilih dengan menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel insidental. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala konformitas dan skala perilaku konsumtif dan dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan (r = 0.732, p <0.05) antara konformitas dan perilaku konsumtif, yang mengindikasikan bahwa 53.6% perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh konformitas. Temuan ini menunjukkan bahwa konformitas memainkan peran penting dalam membentuk perilaku konsumtif remaja di kedai kopi yang diteliti, menyoroti pentingnya memahami dinamika pengaruh sosial dalam penelitian perilaku konsumen.
Copyrights © 2024