Journal of Islamic Psychology
Vol. 1 No. 1 (2024): August

Dukungan Teman Sebaya dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI Antartika 2

Widyanti, Ainur Niza Ayu (Unknown)
Indriani, Ririn Dewanti Dian Samudera (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini membahas masalah prokrastinasi akademik yang lazim terjadi di kalangan siswa sekolah menengah atas, khususnya berfokus pada siswa kelas XI di SMK Antartika 2 Sidoarjo. Menyadari dampak prokrastinasi yang merugikan terhadap prestasi akademik, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik. Dengan menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif, data dikumpulkan dari 260 siswa dengan menggunakan Simple Random Sampling. Dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik dinilai dengan menggunakan model skala Likert. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan (r = -0,276, p <0,05) antara dukungan sosial teman sebaya dan penundaan akademis, yang menunjukkan bahwa tingkat dukungan teman sebaya yang lebih tinggi berhubungan dengan tingkat penundaan yang lebih rendah dan sebaliknya. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya membina jaringan dukungan teman sebaya untuk mengurangi penundaan akademis di kalangan siswa sekolah menengah, sehingga mendorong kesuksesan dan kesejahteraan akademis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Psychology

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Scope and Focus: The journal welcomes original research articles, reviews, case studies, and theoretical papers that address various aspects of psychology from an Islamic perspective. Topics of interest include, but are not limited to: Psychological well-being and mental health in Muslim communities ...