Journal of Islamic Psychology
Vol. 1 No. 2 (2024): November

Bagaimana Media Sosial Mempengaruhi Kebahagiaan dan Kesejahteraan Siswa

Fauzi, Octaviano (Unknown)
Maryam, Effy Wardati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki korelasi antara penggunaan media sosial dan tingkat kebahagiaan di kalangan mahasiswa dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan jumlah populasi 10.225 dan jumlah sampel 408 yang ditentukan melalui tabel Krejcie Morgan, pengambilan sampel secara tidak sengaja digunakan. Instrumen pengukuran dengan nilai reliabilitas Cronbach's alpha sebesar 0,854 digunakan. Temuan menunjukkan bahwa 10,50% siswa menunjukkan tingkat kebahagiaan yang sangat tinggi, 10,30% tinggi, 52,20% sedang, 21,80% rendah, dan 5,20% sangat rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar siswa mempertahankan tingkat kebahagiaan sedang, ada sebagian besar yang mengalami kebahagiaan rendah hingga sangat rendah, menyoroti perlunya eksplorasi lebih lanjut tentang dampak media sosial terhadap kesejahteraan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Psychology

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Scope and Focus: The journal welcomes original research articles, reviews, case studies, and theoretical papers that address various aspects of psychology from an Islamic perspective. Topics of interest include, but are not limited to: Psychological well-being and mental health in Muslim communities ...